Boga Pratala – Academia 1 Februari 2022
ABSTRAK
Perpustakaan Kampus IPDN Jakarta dituntut untuk beradaptasi dalam memberikan pelayanan informasi dan sumber referensi kepada seluruh sivitas akademika di masa pandemi Covid-19. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelayanan yang dilakukan Perpustakaan Kampus IPDN Jakarta selama masa Covid-19. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dan studi literatur. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa pelayanan perpustakaan kepada sivitas akademika selama masa Covid-19 ini tetap dilakukan secara tatap muka. Pelayanan yang diberikan meliputi pemanfaatan dan penelusuran bahan pustaka. Sebelum pandemi Covid-19 ini berlangsung, jumlah peminjam buku dan pengunjung Perpustakaan Kampus IPDN Jakarta pada tahun 2017 s.d 2019 masih cukup tinggi. Saat pandemi Covid-19 ini berlangsung, jumlah peminjam buku dan pengunjung Perpustakaan Kampus IPDN Jakarta pada tahun 2020 s.d 2021 mengalami penurunan yang signifikan dengan kendala yang dihadapi pengguna Perpustakaan IPDN Kampus Jakarta yang tidak dapat berkunjung atau meminjam buku secara langsung (offline).Untuk mengatasi ini, diperlukan sistem perpustakaan digital di lingkungan Perpustakan Kampus IPDN Jakarta.
Unit Perpustakaan/20052022